DORAEMON

Selasa, 12 Januari 2016

Belajar Blogger bagi Pemula - Blog itu apa ya?





Blog itu apa ya?

Hallo selamat pagi. Salam hangat dari secangkir kopi hitam berasa manis untuk seluruh blogger se-Nusantara. Eh..., se-dunia deh. Kehkehkeh.

Malam ini kembali bercengkrama dengan si hitam pekat yang begitu saya rindukan. Ya. Seminggu kemarin sibuk belajar untuk UAS dan belum sempat nulis apa-apa di blog yang udah dibikin beberapa pekan yang lalu ini. 


Alasan saya membuat judul tulisan ini adalah tak lain karena saya adalah seorang newbie yang lagi pingin belajar ngeblog. Dan asal muasal saya mengenal hingga kemudian tertarik untuk nge-blog bakalan diceritakan semuanya deh. Di sini. Yap, dan ceritanya akan panjang banget lho. Jangan bosan yaaaa :) 


Sebagai lulusan Sekolah Teknik Komputer dan Jaringan, sejujurnya saya merasa sangat malu. Bagaimana tidak? Teman-teman yang bahkan bukan lulusan TKJ saja sudah jauh lebih dulu mengenal blog dari pada saya yang baru saja memulai. Tetapi bukan berarti sekolah dan guru-guru saya gagal dalam mendidik dan mengajari siswa-siswinya. Jujur sebetulnya TKJ memang bukan passion saya. Bahkan tidak pernah ada keminatan sama sekali di bidang itu. Memang penyesalan yang kini hanya bisa dirasakan. Padahal sejak sekolah dulu, saya memang belajar sedikit dengan blog. Bahkan pernah praktik bikin blog waktu itu di wordpress. Tapi yaaa begitu. Saat itu memang betul-betul tidak ada minat sama sekali untuk nge-blog. Saya menjadi seorang yang terlalu fanatik. Dan belajar tidak serius adalah bentuk pemberontakan saja sebenarnya.  Sejak dulu suka menulis (bukan untuk menjadi konsumsi publik. Melainkan menjadi koleksi pribadi yang usang menumpuk di buku-buku yang telah lusuh). Berharap masuk SMA jurusan bahasa. Tetapi siapa sangka, malah lulus dan dapat ijazah dari sana. 


Setelah bergabung dengan beberapa komunitas menulis, saya banyak mengenal mereka yang men-share tulisannya di berbagai media online. Dan blog, salah satunya. Di sana lah mulai muncul keingintahuan saya tentang blog, didorong oleh keinginan yang kuat untuk menjadi seorang penulis. Timbul keinginan untuk berbagi tulisan kepada banyak orang, maka semakin kuat juga dorongan untuk segera menjadi blogger.

Salah satu jalan yang mengenalkan saya dengan blog adalah perkenalan dengan seorang teman di dunia maya. Mas Mukhofas Al-Fikri, yang begitu baik berbagi semua ilmu dan dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan seorang newbie yang rewel ini. Mulai dari teknis pembuatan  blog sampai ke curhat tentang menulis, dan apa yang harusnya ditulis di blog itu sendiri. Bahkan beliau ini memberikan banyak motivasi melalui tulisannya. Memberikan ebook-ebook gratis tentang blogger produktif dan banyak lagi yang pastinya luar biasa bermanfaat.  Nah di sini saya akan coba meringkas pembelajaran yang hanya via chat di sosmed saya dengan beliau untuk dishare dan semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.

Blog itu adalah diary online dimana kamu dapat menyampaikan gagasan atau sekadar menulis sesuatu yang ingin kamu tulis. Jika orang-orang mengetahui betapa banyak manfaat blog, mungkin banyak orang yang minat untuk jadi blogger (orang yang nge-blog). Bagi pemula sekali pun, bisa kok jadi blogger. Jika memang mempunyai keinginan dan tekad yang kuat.

Perlukah verifikasi webmaster tool untuk blog? Blog itu dibuat mudah agar tidak memusingkan. Jika mau edit HTML juga bisa kalau kamu memang ahli. Tetapi memang jika edit HTML malah bikin lama dan blibet terus lupa niatan awal jadi blogger atau bahkan jadi males nge-blog, karena keburu pusing dengan html tersebut. Nggak usah edit html juga nggak apa-apa. Sesuai kebutuhan aja, karena nggak mau ribet ya nggak pake itu (webmaster tool). Yang penting-penting saja. Karena blog itu seperti diary online, yang penting NULIS rutin saja. Lama-lama juga BISA masuk pencarian. Sebagai pemula saya pikir wajar, jika blognya masih belum bisa dicari dalam pencarian.  Kalau ingin muncul sedari sekarang konsisten update 10 artikel sehari atau lebih. Pastikan nulis itu tulisan panjang dan berbobot lebih dari 1000 kata bukan sekadar tulisan saja. Jadi ya intinya, MENULIS!!! Sebelumnya coba dulu riset kata kunci di google.  Kata kunci ini, kata yang terdiri dari beberapa kata saja seperti judul tulisan, dimasukkan dalam pembuatan artikel atau artikel apa yang sering atau sedang hangat-hangatnya menjadi pencarian para pembaca saat ini. Selain berpeluang besar tulisanmu dibaca banyak orang, juga kamu akan lebih fokus untuk menulis sesuatu yang tidak sia-sia karena tulisan terkait kata kunci tersebut  sedang banyak dicari. Buat konten pondasi seperti rumah kalau nggak ada pondasi pasti roboh, begitu pula dengan blog. Jadi menulis saja yang membuat pembaca puas. Kalau pembaca puas, maka google pun puas dan merekomendasikan ke halaman pencarian pertama. Karena pengunjung butuh tulisan terbaru, maka menulis lah!!! Untuk pemula, menulis sebebas-bebasnya sesuai fikiran yang sedang berajalan asal tidak mengandung sara, fitnah, kebencian, menghujat ataupun menulis yang vulgar. Setelah menulis tentunya kita akan senang jika banyak pengunjung meninggalkan komentarnya pada tulisan kita. Lalu apa sih manfaatnya pengunjung berkomentar pada tulisan di blog kita? Beberapa manfaatnya adalah agar semangat terus nge-blog karena mungkin dari mereka banyak memberikan kritik dan saran, atau bahkan tulisan kita bermanfaat bagi blogger lain. Kamu juga akan dipandang oleh blogger lain kalau kamu ini adalah blogger, serta menambah wawasan baru yang tentunya berbeda dari yang kita tulis. Karena setiap orang mempunyai penilaian dan cara pandang yang berbeda.



Begitu lah pembelajaran yang ringkas namun sarat akan manfaat. Semoga bermanfaat dan semangat \^_^/.

2 komentar:

Komentar