DORAEMON

Minggu, 24 Juli 2016

Resep Donat Kentang



Hello Sunday.
Weekend ini ngerasa  kecewa banget  karena nggk bisa keluar rumah. Bapak bilang, penyakit itu betah kalo kita cuman diem dan nggk mau bergerak. Makanya obat yang paling mujarab ketika sakit adalah bergerak dan jangan memanjain badan di atas ranjang aja yaa. Bergerak! Bergerak! Biar penyakitnya juga bergerak enyah ya, guuys :-D
Jadinya hari ini nyoba-nyoba gerakin badan aja bikin donat kentang yang sebenernya udah ngebet banget pengen bikin sejak libur lebaran kemaren. Tapi baru kelaksana hari ini nih. Alhamdulillahnya lagi meski baru pertama kali bikin tapi rasanya lumayan enak lho (walaupun bentuknya acak adut ya) hihihiihihi. Dan sekarang aku mau coba share nih salah satu resep makanan favorit aku. Donat kentang ala chef Rosi. Langsung aja cekidot, ya, Guys :D

Bahan-bahan :
            1000 gr tepung terigu cakra kembar premium            
              500 gr gula pasir
              500 gr kentang
              500 gr mentega
               1 bks fermipan
                4 btr telur
                1 gls air
            Minyak goreng secukupnya


Cara Buatnya :
1.      Rebus dulu kentangnya. Nah proses ini bisa kalian lakukan dengan cara dikupas dulu lalu direbus. Atau direbus dulu lalu dikupas. Yang penting mateng biar nantinya bisa ditumbuk halus, ya. Dan ingat, kentang matang harus ditumbuk hingga halus, ya. Biar teksturnya juga bisa smooth.
2.      Campurkan fermipan dengan satu sendok gula dengan segelas air. Aduk merata hingga mengembang ya.
3.      Kocok sisa gula pasir, telur dan mentega hingga mengembanng. Kira-kira sekitar 5 menitan, ya.
4.      Setelah itu masukan campuran fermipan dan gula tadi ke adonan telur yang sedang dikocok. Campurkan hingga merata, ya.
5.      Lalu masukan kentang yang sudah ditumbuk halus setelahnya masukan sedikit demi sedikit tepung terigu. Ke adonan ya guys. Uleni adonan sampai kalis.
6.      Setelah itu diamkan adonan sekitar 30 menit. Tutup rapat dengan plastik hingga mengembang. Seperti ini :
7.      Setelah adonan mengembang, lalu kita siapkan wajan dan panaskan minyak di atas api yang kecil. Dianjurnya minyaknya harus banyak ya supaya hasilnya lebih cantik ketika selama proses penggorengannya si donat bisa mengambang. Tenggelam seluruhnya di dalam minyak dengan api yang kecil agar warnanya merata.
8.      Proses terakhir, ambil beberapa bagian adonan lalu cetak sesuka hati (enaknya kalo bikin sendiri ya begini) :D. Yap. Kita bisa bikin bentuk donat pada umumnya, bulat dengan bolongan di tengah. Bikin bentuk hati. Atau kalian bisa juga bikin serangkaian huruf buat ngerangkai nama-nama kalian, ya. Lihat kayak aku gini :D. Tapi jangan kaget kalo adonannya sedikit lengket ya, karena berbahan dasar kentang. Kalian bisa mengakalinya denngan mengoleskan dulu sedikit minyak di tangan pada saat membentuk adonan.
9.      Selanjutnya gulingkan donat ke tepung gula. Nah selain itu kalian juga bebas menggunakan toping. Misalnya cokelat atau messes seres. Sesuai selera.
10.  Selamat mencoba, selamat menikmati hasil kerja kerasnya, ya. Dan selamat makan!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar